Modal Dengkul Usahawan yang Nilainya Miliaran

Sabtu, 28 Februari 2015

Banyak yang mencoba dan tidak sedikit yang berguguran, itulah kondisi dan keadaan saat ini yang banyak dialami oleh sahabat Balikpapan Post yang sudah mencoba untuk menjadi seorang usahawan atau pengusaha. Berbagai alasan kegagalanpun dijadikan kambing hitam, dari permasalahan permodalan, pemasaran, managemen, dan lain sebagainya.

Sebenarnya mencoba memulai menjadi usahawan atau pengusaha itu tidaklah terlalu sulit, bagi yang belum memiliki pengalaman bisa mencoba dengan usaha yang berskala kecil terlebih dahulu sebelum mengambil semua porsi secara besar dengan keyakinan dan pengalaman yang sudah teruji.

Pada kesempatan ini kami ingin berbagi pengetahuan yang penting serta dapat menjadi modal dasar bagi para sahabat yang ingin menjadi usahawan atau pengusaha, Konon katanya “ Modal Dengkul itu Nilainya setara dengan 1 Milayard “ diantaranya :

1. Kenekatan 
Sebagian usahawan berhasil karena nekat membuka usahanya, karena ingin menjadi usahawan sesorang tidak melihat banyak hal terutama rintangan yang akan dihadapi. Sehingga menjadikannya seorang usahawan yang mengusahakan apapun demi mewujudkan dan terbangunnya usaha yang di impikannya. Walaupun sebagian orang mengatakan nekat tanpa memperhitungkan resiko didepan sama dengan konyol.

2. Jaringan Kepercayaan 
Menjadi seorang yang terampil, jujur, dan amanah pada umumnya lebih mendapatkan kepercayaan dari orang lain, jaringan kepercayaan ini dapat menjadi kekuatan yang besar dan dapat menjadikan sesorang pengusaha yang sukses. Karena jaringan kepercayaan ini akan sangat mempermudah dan dapat diandalkan dalam membangun usaha yang di cita-citakan. Untuk hal ini sikap jujur dan amanah perlu dibangun sejak dini jika sahabat ingin menjadi usahawan.

3. Kompetensi / Keahlian 
Kompetensi atau keahlian pada umumnya menjadi dasar seorang usahawan dalam memulai atau membangun usahanya. Banyak usahawan sukses yang memulai usahanya atas dasar keahlian yang dimilikinya, seperti tukang cukur, tukang reparasi elektronik, tukang mebel seperti halnya akuntan dan lainya. Sehingga untuk menjadi usahawan pastikan sejak dini sahabat perlu serius mengasah dan meningkatkan keahlian yang dimiliki.

4. Sikap Disiplin 
Kebanyakan seorang usahawan gagal memulai atau mempertahankan usahanya karena kurangnya sikap disiplin, segala urusan dan permasalahan yang terjadi bagi seorang usahawan bisa segara di netralisir atau diselesaikan melalui sikap disiplinnya. Sikap disiplin membuatnya cepat merespon keluhan, cepat dan tanggap melayani permintaan, dan lain sebagainya. Sehingga permasalahan usahawan bisa teratur teratasi dan tidak menumpuk untuk diselesaikan. Sehingga untuk mewujudkan impian sahabat menjadi usahawan perlu ditanamkan sikap disiplin sejak dini.

5. Impian atau Cita-cita
Seseorang yang memiliki impian atau cita-cita cenderung arah hidupnya akan terarah untuk mewujudkan cita-citanya. Lebih dalam merencanakan hingga upaya yang tersedia bisa dikatakan cukup sampai waktunya. Sehingga sahabat yang ingin menjadi usahawan perlu membangun impiannya untuk menjadi seorang pengusaha yang memiliki dan menjalankan sebuah perusahaan.

6. Ide atau Kreatifitas 
Sungguh tidak sedikit seorang usahawan sukses karena ide atau kreatifitas yang dimiliki dan diwujudkannya sebagai modal dan pondasi dasar usahanya. Banyak juga sebuah usaha mampu bertahan dan bahkan bersaing hanya dikarenakan ide-ide yang brilian dan kreatif. Sehingga untuk menjadi seorang usahawan handal sahabat perlu mengembangkan sikap berfikir positip dan mengembangkan ide-ide sesuai kemampuan yang akan bisa menjadi bekal dalam membangun usaha sahabat.

7. Upaya Kerja Keras dan Ngotot 
Banyak calon pengusaha atau pengusaha yang berminat diversifikasi memiliki banyak sekali ide. Namun mereka malas merealisasikan idenya tersebut. Mereka menceritakan kemana-mana ide tersebut dengan bangga namun mereka tetap tidak pernah memulainya karena memulai sama dengan berkomitmen untuk bekerja keras tanpa imbalan sepadan di awal. Padahal setelah kerja keras yang cukup lama, barulah hasil dapat dinikmati. Sehingga untuk mejadi usahawan sukses sahabat perlu membangun kebiasaan hidup untuk bekerja keras, selalu berupaya, dan ngotot untuk menyelesaikan tuntas setiap pekerjaan.

8. Mentor dan Sahabat Pengusaha 
Apa yg terjadi ketika kita minim kompetensi? dan dalam kondisi seperti ini saatnyalah untuk berguru kepada yang lebih ahli. Mentor merupakan modal yang tidak ternilai, karena kita bisa saja kuliah lagi namun pasti butuh biaya. Dengan mentor yg rata-rata bersedia membagi ilmunya secara gratis, jangan pernah di sia-sia kan kesempatan langka seperti itu. Menggali pengetahuan dari mereka sama dengan berarti menggali harta karun. Sehingga untuk menjadi usahawan yang handal, sahabat perlu sejak dini memiliki mentor dan membangun persahabatan antara sesama pengusa apalagi yang telah berhasil dan sukses.

9. Peluang Pasar 
Tidak semua orang mampu melihat peluang yang ada di sekitar kita. Padahal banyak sekali peluang tersebut. Untuk itu yang lebih penting adalah bagaimana kita menganalisa peluang tersebut. Kejelian melihat peluang tersebut dan kemampuan untuk mengisi peluang tersebut adalah modal dasar untuk memulai sebuah bisnis. Bahkan ketika kita belum mampu untuk menyediakan dana berupa modal finansial, peluang yang besar segera kita tangkap dan cari solusinya. Bisa dengan mencari investor yang hanya memberikan dana atau juga perusahaan yang cukup mapan yang sudah berjalan yang kita anggap mampu mengambil peluang tersebut. Istilahnya broker proyeklah, namun jangan puas hanya jadi broker. Minta peran yang lebih berarti dan aktif, mungkin dalam skala keuntungan finansial pembagiannya akan sama saja namun dengan kita berperan aktif maka kita sudah selangkah lebih maju yaitu memiliki pengalaman yang sangat berharga yang akan menjadi kompetensi abadi kita selamanya. Sehingga untuk menjadi seorang usahawan sahabat mulailah dengan survey pribadi atau mempelajari peluang-peluang yang tersedia dan dapat dijadikan komoditas bagi usaha yang akan dibangun.

10. Social Media Media Pemasaran 
Social media telah terbukti mampu mendongkrang pencitraan diri atau bahkan merk usaha kita. Jika kita cukup bijaksana menggunakannya serta memiliki perencanaan yang matang, maka social media akan jadi media advertising yang sangat efektif dan gratis. Mulailah dengan tulus berbagi kompetensi anda di social media. Sehingga untuk menjadi usahawan sahabat perlu mulai belajar dengan baik cara menggunakan media online yang diterapkan dengan profesi sebagai usahawan.

11. Restu Orang Terdekat dan Pasangan Hidup 
Walaupun tidak sedikit justru rintangan didapat dari orang terdekat bagi seorang usahawan, kami pastikan upayakan mendapatkan restu dari mereka, khususnya pasangan hidup bagi sahabat yang sudah berkeluarga, karena tidak sedikit saat menghadapi kendala dan rintangan besar dalam membangun sebuah usaha justru orang terdekat dan pasangan hidup inilah yang mampu memotivasi dan berkorban untuk kesuksesan sahabat calon usahawan.

12. Visi dan Misi yang Mulia 
Sebuah usaha dari seorang usahawan akan lebih memiliki ruh yang layak diperjuangkan karena alasan dari sebuah visi dan misi yang akan dibangun, sehingga sumber energi yang di kerahkan lebih tertuju pada alasan yang mulia. Seperti mininal meningkatkan pendapatan keluarga, dan membahagiakan keluarga. Atau yang lebih luas lagi visi dan misi yang berguna bagi masyarakat luas.

13. Percaya akan Bantuan Tuhan YME
Dalam hidup dan karir seseorang sangat dipercaya adanya bantuan ghaib yang melindungi dan menuntun seseorang pada jalan kesuksesan, bimbingan spiritual dan kebiasaan beribadah dengan berdoa memohon kepada Tuhan YME merupakan tambahan kekuatan yang berfokus pada keyakinan akan keberhasilan dan keberkahan. Sehingga untuk menjadi seorang usahawan, sahabat perlu pengetahuan spritual dan banyak berdoa untuk kemudahan dan kesuksesan yang diberkahi.


Sesungguhnya masih banyak faktor modal dasar yang mampu membawa sahabat Balikpapan Post menjadi seorang usahawan sukses yang handal dalam menahkodai perusahaannya. Namun demikian sedikit informasi diatas sungguh akan mampu menjadikan sahabat seorang usahawan yang memiliki usahanya sendiri.

Seperti kata Bob Sadino Almarhum, “Seorang yang menjadi usahawan dengan modal dengkul itu sudah memiliki modal awal 1 Milyard, jika ada yang ingin membeli 1 buah dengkulnya seharga 500juta tentu dia tidak akan menjualnya, namun dengan mengusahakan 2 dengkulnya senilai 500juta x 2 berarti 1 Milyard dia memiliki kesempatan untuk sukses besar sebagai usahawan dalam hidupnya”.

0 komentar:

Posting Komentar