Merencanakan Wisata Kuliner Kenapa Tidak?

Selasa, 03 Maret 2015

Wisata kuliner memang menjadi salah satu favorit setiap individu, beragamnya jenis dan macam kuliner yang tersedia baik produk dalam negeri maupun produk dari luar negeri sudah siap memanjakan lidah dan perut kuliner mania.


Berkeinginan mencicipi aneka kuliner lezat memang menjadi alasan untuk mengunjungi destinasi tempat-tempat wisata, Namun melihat banyaknya ragam dan macam kuliner yang siap di sajikan sebagai pilihan maka penting sekali kuliner mania bijak dalam menentukan kuliner yang di jadikan pilihan.

Selain berkuliner ria, umumnya traveller juga menginginkan suasana tertentu yang dapat dinikmati sekaligus kegiatan wisata kuliner. Tentu saja selain rasa aman dan nyaman sudah pasti kebutuhan cuci mata sesuai keinginan bisa didapatkan seperti : sambil berkuliner menikmati suasana pantai, suasana pegunungan, suasana sungai atau danau, hingga suasana keramaian lainnya.

Hasilnya, perut yang kenyang terisi makanan favorit dan mata juga segar dengan suasana yang di ciptakan oleh lokasi wisata, sehingga kegiatan wisata kuliner bisa berjalan sesuai harapan. Agar tujuan dapat tercapai, maka perlu wisata kuliner yang akan di lakukan dengan rencana sebaik mungkin.

Inilah rencana yang perlu diketahui sebelum melakukan wisata kuliner khas sahabat Balikpapan Post.

1. Siapkan budget sesuai rencana
Belanja sudah pasti membutuhkan uang untuk pembayaran, agar tidak ada keraguan dalam memilih menu yang disebabkan terbatasnya dana yang tersedia, maka dibutuhkan budget yang cukup untuk kegiatan kuliner tersebut. Apalagi wisata kuliner yang dilaksanakan mengajak keluarga, saudara, hingga sahabat, tentu harapannya wisata akan berjalan lancar.

2. Pilih kuliner yang paling khas
Meski destinasi tujuan memiliki banyak pilihan menu kuliner lezat, sahabat harus bisa membatasi mana makanan yang akan dijadikan pilihan untuk disantap. Prioritaskan makanan yang dipilih adalah yang paling khas di sana, baru makanan lain. Contoh pilihannya : kuliner sari laut, kuliner masakan daerah, dan lain sebagainya. 

3. Cermat memilih makanan
'Jangan lapar mata' ini adalah istilah yang sering digunakan untuk memperingatkan orang-orang. Tujuannya adalah agar mereka bisa menyeleksi makanan mana saja yang akan dipilih guna memuaskan hasrat kuliner seperti yang direncanakan. Pilih yang benar-benar diinginkan, bukan sekadar ingin karena penampilan makanan yang menarik. Ingat, tidak semua kuliner cocok di lidah dan kesehatan. 

4. Pastikan Harga Terlebih Dahulu Sebelum Pemesanan 
Menjadi turis, tentu Anda adalah salah satu sasaran empuk penjual nakal. Karena tahu tujuan pelancong datang untuk menikmati kuliner, para pedagang nakal ini bisa saja tiba-tiba menjual dengan harga tinggi.

Tanya dulu harganya sebelum menyantap makanan. Dengan demikian, Anda tetap bisa makan enak tanpa khawatir kantong jebol. 

5. Pilihlah Minuman dengan Bijak
Bisa melahap dan santapan yang banyak jenis dan ragam kuliner tentu jadi tujuan kuliner mania. Sudah tentu agar bisa melahap lebih banyak makanan, bijaksana memilih minuman menjadi penting untuk dilakukan. Pilih minuman yang tidak membuat cepat kenyang atau rasa kenyang. Hindari minuman seperti Milkshake, jus atau bahkan kopi yang hanya akan membuat perut sahabat terasa cepat kenyang. Hasilnya, makanan yang disantap semakin sedikit. 

6. Beri jeda waktu dengan porsi secukupnya
Walau sedang berada di areal wisata kuliner, sahabat sebaiknya tidak melahap seluruh makanan dalam kurun waktu yang berdekatan. Ini sama saja memaksa perut menampung banyak makanan melebihi kapasitas. Salah-salah sahabat malah bisa menjadi mual atau sakit perut. 

Untuk itu, berilah jeda waktu sebelum memakan makanan baru, disini memilih lokasi wisata kuliner yang memiliki suasana tertentu bisa sangat membantu. Untuk mengisi jeda bisa di isi dengan menikmati suasana atau hiburan yang tersedia.

7. Pastikan pilihan kuliner yang bermanfaat
Khususnya bagi sahabat yang beragama islam, maka memastikan menu yang akan disantap adalah memiliki kandungan bahan yang halal berdasarkan agama sangatlah penting. Memastikan makanan yang sahabat makan tidak akan mengganggu kesehatan atau mengakibatkan penyakit tertentu kumat harus ditetapkan agar tidak mudharat.

Demikian tips cara merencanakan wisata kuliner versi Balikpapan Post yang semoga saja dapat memberikan manfaat bagi sahabat kuliner mania.

0 komentar:

Posting Komentar