Wisata Pantai Itu Hemat dan Menyenangkan

Selasa, 03 Maret 2015

Apakah pantai menjadi salah satu pilihan destinasi sahabat baik untuk mengisi waktu libur? Pada umumnya para sahabat tentu senang dan menjadikan wisata pantai menjadi salah satu pilihan destinasi yang dituju saat berlibur, baik liburan bersama keluarga, sahabat, atau teman.


Dalam melaksanakan wisata pantai sudah tentu selain menikmati keindahan pantainya, disaat cuaca cerah banyak pula kegiatan yang bisa membuat hati senang dalam menambah gairah kegiatan berwisata sahabat, seperti : berjemur, berenang, bermain, memancing, sampai gelar tikar untuk duduk-duduk sambil bercengkrama menikmati alam wisata pantai.

Walaupun menyenangkan tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan wisata ke pantai, seperti daerah pantai yang bisa menimbulkan bahaya, terik panas matahari yang menyengat dan mengganggu, alergi angin laut, dan lain sebagainya.

Sehingga agar wisata pantai sahabat Balikpapan Post bisa dinikmati dengan maksimal dan memberikan refresing relaksasi setelahnya, Balikpapan Post memberikan rencana-rencana yang akan dibuat untuk sebuah perjalanan wisata kepantai, diantaranya adalah :

1. Pilih lokasi wisata pantai yang diinginkan
Kalaupun di tempat sahabat memiliki beberapa lokasi destinasi wisata pantai, tentu pilihlah salah satu lokasi wisata pantai tersebut, dan sesuaikan dengan rencana wisata anda apakah sendiri, bersama keluarga, sahabat, atau teman. Lokasi mana yang paling sesuai dan tepat dengan rencana yang dibuat.

2. Persiapkan dana sesuai kebutuhan 
Agar wisata pantai sahabat bisa berjalan lancar dan menyenangkan, perlu dipersiapkan dana lebih sebagai budget perjalanan, seperti ongkos transport, tiket masuk lokasi wisata, tiket lokasi tempat bermain, biaya kuliner jika tidak membawa, sampai ongkos penginapan jika di haruskan.

3. Pilih waktu yang tepat 
Waktu sahabat berkunjung pilihlah waktu yang tepat, agar tujuan berwisata pantai dapat terpenuhi, seperti : Berjemur di pantai merupakan salah satu kegiatan yang memang sangat menyenangkan dan dapat menyehatkan kulit. Namun hal tersebut juga dipengaruhi oleh pemilihan waktu yang tepat. Perhatikan waktu yang tepat jika ingin berjemur. Jangan berjemur di siang hari. Lakukan di waktu pagi sebelum pukul 11.00 atau sore setelah pukul 15.00. Atau bisa juga disesuaikan dengan jadwal even yang diadakan di pantai wisata tersebut.

4. Bawa peralatan dan perlengkapan sesuai kebutuhan
Sesuaikan peralatan dan perlengkapan yang akan sahabat bawa dengan rencana tujuan wisata, seperti : jika berjemur dibutuhkan pelindung kulit dari panas matahari berupa sunblock, Jika berjalan dipantai dibutuhkan kaca mata, topi, sandal karet, celana dan baju santai, alat olah raga atau bermain jika tujuannya untuk selingan olahraga dan bermain, pakaian renang saat wisata diisi dengan aktivitas berenang, terpal dan tenda jika diisi dengan duduk-duduk santai sambil bercengkrama, dan lain sebagainya.

5. Gunakan pakaian dengan bahan ringan
Saat sahabat pergi ke pantai hindarilah menggunakan pakaian yang mempunyai bahan berat. Pakaian dengan bahan tebal dan berat akan merepotkan sekali. Selain itu juga akan susah kering jika sahabat berbasah-basahan di air. Gunakanlah pakaian dengan bahan ringan yang nyaman agar suasana yang di dapat menjadi terapi bersantai.

6. Amati rambu dan tanda bahaya di pantai
Berenang pastinya merupakan hal yang memang sangat mengasyikkan saat anda berlibur ke pantai. Walaupun sedang asyik berenang namun sahabat tidak boleh lengah dan tetap harus memperhatikan tempat sekitar untuk berenang. Perhatikan baik-baik rambu, tanda bahaya, dan suasana sekitar, apakah ada karang atau binatang laut seperti bulu babi maupun ubur-ubur beracun yang bisa membahayakan. Agar lebih aman, sebaiknya sahabat mematuhi aturan-aturan yang diberlakukan dan menjauhi tempat-tempat yang dipasang rambu berbahaya di lokasi wisata pantai tersebut. Apalagi jika berwisata kepantai menyertakan keluarga yang terdiri dari anak-anak, perlu dilakukan pengawasan dalam aktivitas bermain di pantai.

7. Langsung bilas sehabis berenang
Air laut bisa menyebabkan alergi bagi tubuh Anda karena memiliki kandungan garam yang banyak. Jadi saat sahabat selesai bermain air laut, usahakan untuk langsung membilas menggunakan air bersih. Jangan terlalu lama menggunakan baju basah karena air laut. Hal tersebut bisa menyebabkan kulit menjadi lebih kering.

8. Jangan lupa alat dokumetasi
Agar perjalanan wisata ke pantai bisa diabadikan, diceritakan kembali, ataupun dishare kepada teman atau sahabat lainnya, diperlukan peralatan dokumentasi seperti camera photo ataupun camera video.

Dengan merencanakan wisata pantai sebagai destinasi yang dijadikan pilihan, memperhatikan dan merencanakan sesuai dengan tips dari sahabat Balikpapan Post diatas bisa membuat wisata pantai yang dilaksanakan semakin meriah dan sangat memuaskan.

0 komentar:

Posting Komentar