Tips Penting Memilih Membeli Laptop Bekas

Jumat, 27 Februari 2015

Laptop sudah menjadi barang yang sangat dibutuhkan oleh setiap orang untuk saat ini, laptop atau biasa disebut notebook banyak sekali fungsinya untuk remaja maupun orang tua. Biasanya jika sobat kuliah pasti akan sangat membutuhkan yang namanya laptop, untuk menunjang kegiatan belajar.


Banyak sekali produsen dari lokal maupun luar yang menyediakan berbagai fitur dan fungsinya, namun diantara kita ingin sekali membeli laptop dengan harga murah dengan spesifikasi yang tinggi juga kualitas hardware nya yang mumpuni, namun dari semua itu dibutuhkan budjet yang tinggi untuk membeli laptop dengan spesifikasi dewa tersebut.

Seringkali diantara kita yang masih memilih berdasarkan merk dari sebuah produk, memang merk yang terkenal terkadang menjamin adanya garansi, namun tidak hanya dari merk tetapi dari segi kualitas harga, hardware juga patut di perhatikan.

Untuk mendapatkan laptop yang masih bagus dan berkualitas baik, dan tidak membeli laptop bekas yang akan merugikan atau menyulitkan, berikut tips penting yang perlu di perhatikan saat memilih membeli laptop bekas untuk sahabat Balikpapan Post, sebagai berikut :

  1. Sobat dapat memeriksa bentuk fisik dari laptop mulai dari casing, layar monitor, keyboard dan pastikan semuanya dalam keadaan baik tidak ada yang cacat.
  2. Sobat dapat memeriksa dari kelengkapan laptop mulai dari charger, buku manual, dus, cd driver, cd-room dan kelengkapan lainnya.
  3. Sobat dapat mengajak teman IT yang mengerti tentang komputer, untuk memastikan semua komponen, hardware beserta spesifikasi, dan mengecek keadaan laptop/notebook dalam keadaan normal, tidak ada yang rusak atau cacat.
  4. Sobat dapat memastikan charger dan baterai dalam keadaan kondisi baik, tidak drop. Sobat dapat mengeceknya dengan cara menyalakan laptop tanpa mencharger ke arus listrik, pastikan sobat mengecek baterai selama 1 jam.
  5. Pilih laptop dengan spesifikasi processor minimal core 2 duo, mengingat untuk jaman sekarang banyak software-software yang membutuhkan processor tinggi.
  6. Sobat dapat mengecek segel laptop. Jika segel sudah rusak berarti laptop sudah pernah dibongkar atau sudah pernah di services. Dengan mengecek segel pada laptop berarti sobat telah mempertimbangkan kerusakan yang akan lebih parah lagi.
  7. Sobat dapat mengecek garansi, kalau bisa sobat minta garansi untuk pembelian laptop walaupun laptop second atau bekas.
  8. Sobat dapat mengecek harga terbaik dari laptop second tersebut. Apakah lebih murah atau kah lebih mahal dari harga pasaran. 
Dengan adanya referensi dalam cara memilih dan membeli laptop second atau bekas ini sobat dapat mempertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli laptop atau notebook second. Jika memang ada uang lebih, sebaiknya sobat bisa menabung lagi untuk membeli laptop yang baru, sehingga sobat tidak perlu kawatir dengan kondisi kualitas hardware yang baru.

Jika sobat mempunyai pengalaman dalam hal membeli laptop second atau bekas bisa berbagi dengan cara berkomentar di bawah form ini.

0 komentar:

Posting Komentar