Merawat Mencuci Motor yang Benar Agar Awet

Rabu, 25 Februari 2015

Mencuci sepeda motor biasanya dilakukan oleh tempat-tempat pencucian yang banyak dijumpai, tapi mengapa kita tidak mencuci nya sendiri? inilah yang menjadi masalahnya. Sebagian dari pemilik kendaraan motor ini menggunakan fasilitas pencucian sepeda motor, karena dianggap lebih efisien dan tidak perlu repot.

 
Sebenarnya cara mencuci motor melalui pencucian motor bukan hal yang salah, namun jika kita mulai melakukannya, tentu saja akan lebih hemat. Selain itu, kita memahami cara membersihkan motor yang terbaik untuk motor kesayangan. 

Cara Merawat dan Mencuci Motor Agar Awet 
Ingin mencoba cara mencuci motor sendiri? berikut ini adalah langkah-langkahnya yang juga bisa diterapkan pada berbagai jenis motor, termasuk cara merawat motor matic : 
  1. Siapkan sabun pembersih, kemudian tuangkan pada ember dalam jumlah yang cukup. Isi ember dengan air hangat sampai busa mencapai bagian atas ember. Hindari mencuci motor menggunakan deterjen yang mengandung garam karena garam bisa mempercepat korosi.
  2. Cara mencuci motor, dimulai dari membersihkan daerah sepeda yang sangat kotor, yang cenderung pada daerah roda, area mesin dan daerah rantai. Usap semua bagian dengan lap, dengan sedikit dilonggarkan sehingga mudah dibersihkan dengan sabun dan air .
  3. Semprot / rendam (jika mungkin, roda belakang dari tanah) untuk membersihkan rantai, kemudian memutar roda sehingga semua rantai bersih. Jika bisa, masuk ke daerah suspensi untuk menggosok baik kotoran membandel dan lemak yang mungkin memakan waktu cukup lama.
  4. Kondisi sepeda sangat basah, keringkan menyeluruh dengan spons dan ember , sama seperti jika saat sedang mencuci sendiri. Luangkan waktu lebih banyak pada roda dan daerah nigly seperti garpu suspensi belakang dan area pelat nomor.
  5. Setelah cara mencuci motor dilakukan, biarkan selama 5 menit untuk air mengering dengan sendirinya dan kemudian memindahkan motor ke tempat kering.
  6. Ambil kanebo untuk  mengusap seluruh permukaan motor, agar setiap kelembaban motor tidak tersisa.
  7. Gunakan semprotan lilin atau chain lube untuk melapisi rantai motor untuk cara merawat motor, dengan mengikuti petunjuk penggunaan.
  8. Gunakan cairan polish pada motor dengan lap bersih pada body motor. Tunggu beberapa saat sampai kering sempurna, sebelum digunakan. 
Persiapan sebelum mencuci motor sendiri
Perawatan teratur dengan cara mencuci motor dengan benar,  kan membantu mempertahankan penampilan motor. Mencuci motor tergantung pada seberapa sering motor digunakan. Mencuci sepeda motor  pada motor wash, dengan menggunakan jet air bertekanan tinggi bisa membahayakan bagian yang terbuka dari motor. Jadi cobalah untuk membersihkan sepeda motor sendiri yang lebih aman.

Persiapan yang penting dan wajib dilakukan untuk membersihkan motor sendiri adalah seperti berikut : 
  • Lihat buku manual motor untuk mendapatkan informasi mengenai komponen-komponen motor yang rentan terhadap pencucian, dan bagaimana cara mencuci bagian motor tersebut.
  • Cari tahu berbagai petunjuk cara mencuci motor yang benar, seperti bahasan kami sebelumnya dan cobalah memahami langkah demi langkah.
  • Persiapkan alat-alat yang akan digunakan untuk membersihkan motor, seperti sabun cair ringan, kain katun untuk membersihkan, sprayer listrik untuk selang air, sikat gigi termasuk, spons atau sarung tangan. Anda mungkin juga akan membutuhkan pembersih kaca dan plastik, lilin dan semir, pembersih untuk vinil dan pembersih kulit untuk jok. 
Demikianlah cara merawat dengan mencuci sepeda motor anda dengan baik, semoga bermanfaat dan membuat performa sepeda motor kesayangan menjadi lebih terjaga dan kondisinya tetap fit untuk terus digunakan.

0 komentar:

Posting Komentar