Bagaimana Menjadikan Hobi Sebagai Sumber Penghasilan

Selasa, 03 Maret 2015

Sahabat suka apa?, hobinya apa? seberapa sering kegiatan hobinya dapat dilaksanakan? Lalu, apakah pengertian atau arti kata dari hobi tersebut? Apakah sama dengan yang dimaksud dengan minat, dan cara menjadikan hobi sebagai peluang usaha yang menghasilkan. Berikut penjelasannya :


Menurut Drs. Dyimyati Mahmud (1982), Minat dalah sebagai sebab yaitu kekuatan pendorong yang memaksa seseorang menaruh perhatian pada orang situasi atau aktifitas tertentu dan bukan pada yang lain, atau minat sebagai akibat yaitu pengalaman efektif yang distimular oleh hadirnya seseorang atau sesuatu obyek, atau karena berpartisipasi dalam suatu aktifitas.

Hobi adalah kegiatan rekreasi yang dilakukan pada waktu luang untuk menenangkan pikiran seseorang. kata Hobi merupakan sebuah kata serapan dari Bahasa Inggris "Hobby".(wikipedia).

Jadi minat merupakan kecenderungan atau arah keinginan terhadap sesuatu untuk memenuhi dorongan hati, minat merupakan dorongan dari dalam diri yang mempengaruhi gerak dan kehendak terhadap sesuatu, merupakan dorongan kuat bagi seseorang untuk melakukan segala sesuatu dalam mewujudkan pencapaian tujuan dan cita-cita yang menjadi keinginannya. Sedangkan hobi hanya bersifat rekreasi dan biasa dilakukan diwaktu luang.

Lalu Bagaimana hobi itu bisa menjadi peluang usaha dan mampu memberikan penghasilan? Khusus sahabat Balikpapan Post mengulasnya sebagai berikut :

1. Menjadi ahli / Lihai
Dengan mendalami hobi yang sahabat sukai, giat berlatih, mempelajari dan experimen hal baru yang masih terhubung dengan hobi, serta bergaul dan berkomunikasi dengan sesama dalam komunitas hobi yang sama membuat sahabat menjadi ahli dan sangat mengetahui akan sebuah hobi, maka dengan keahlian yang dimiliki sahabat bisa membuat usaha konsultasi dan pelatihan bagi penghobi yang juga ingin mejadi terampil. Selain itu juga bisa membuat menjadi penghobi terbaik sebagai juara pada even-even hobi yang di pertandingkan.


2. Memahami Peralatan dan Perlengkapan
Mengenal dan memahami, serta memiliki koleksi dari peralatan dan perlengkapan yang di gunakan dalam menjalankan aktivitas hobi, bisa menjadikan pusat bertanya dan membeli peralatan yang menjadi kebutuhan penghobi. Untuk penghobi biasa akan banyak bertanya mengenai fungsi dan cara menggunakan peralatan hobi yang diminatinya.


3. Lebih Kreatif dan Menciptakan
Semakin sahabat ahli, semakin menguasai, akan semakin memiliki kemampuan untuk berkreatifitas dalam sebuah hobi. Untuk itu bisa menjadi hobi lanjutan dengan menciptakan kreatifitas sendiri berupa, teknik, alat baru, konteks hal-hal yang mempermudah menguasai, melakukan, memahami, atau membuat hobi semakin menyenangkan. Umumnya hal-hal ini memiliki tingkat jual yang tinggi.


4. Lebih Paham dan Mengenal peralatan hobi lebih baik.
Semakin sahabat menjadi ahli, memiliki keahlian tentang peralatan, sistem kerja peralatan, mterial dan suku cadangnya. Keahlian ini bisa menjadikan sahabat memiliki usaha perawatan dan reparasi peralatan hobi yang sahabat sukai. Tentu saja di butuhkan pelatihan manajemen usaha jika sudah memiliki gerai tertentu, namun untuk sekala kecil bisa mengadalkan layanan pribadi dengan sedikit mempeajari ilmu pemasaran, pelayanan, keuangan.

Demikian inspirasi buat sahabat Balipapan Post, lalu apakah sahabat hanya ingin memiliki sekedar hobi saja. Atau ingin meningkatkannya menjadi hobi yang mampu memberikan penghasilan atau disebut dengan "hobby for business", sahabatlah yang paling mengerti dan paham untuk memutuskannya.

Saat ini hobi penulis adalah desain grafis dan sablon. Penulis memberikan layanan konsultasi desain grafis, pembuatan logo, dan sablon di berbagai media kerja. Dengan bendera Oblong76 Balikpapan.

0 komentar:

Posting Komentar